Sir William Henry Perkin dan Warna Ungu Sintetis



INPO-IN.BLOGSPOT.COM - 12 Maret 1838 London,Inggris, Hari Kelahiran seorang ahli
kimia dan pengusaha Inggris yang terkenal karena penemuannya yang tidak disengaja dari pewarna anilin pertama : ungu muda. Sebagai penghormatan Google terhadap jasa-jasa beliau maka dijadikanlah Tema Google Doodle hari ini untuk mengenang ulang tahun Sir William Henry Perkin yang ke-180.

Sir William Henry Perkin seorang tukang Kayu yang sukses pada masanya. Di usia 14 tahun, beliau menghadiri City of London School, di mana dia dibimbing oleh Thomas Hall, yang mengasah bakat ilmiahnya dan mendorongnya untuk berkarir di bidang kimia.

Pada tahun 1853, Sir William Henry Perkin masuk Royal College of Chemistry di London, dibawah bimbingan August Wilhelm von Hofmann dia memulai studinya. Pada kala itu, kimia masih primitif walauoun unsur-unsur utama telah ditemukan. Masih merupakan proposisi yang sulit untuk menentukan susunan unsur-unsur dalam senyawa. Setelah menjadi salah satu asisten Hofmann, beliau memulai serangkaian percobaan untuk mencapai tujuannya.

Saat liburan tahun 1856, Hofmann pergi kedaerah asalnya di East End, sedangkan Sir William Perken justru melakukan beberapa eksperimen di laboratorium sederhana miliknya yang berada di Rumahnya sendiri. Sejak itulah beliau tanpa disengaja menemukan penemuannya yang luar biasa. anilin dapat di rubah sebagian menjadi campuran yang jika di ekstrak dengan alkohol akan menghasilkan zat dengan warna Ungu intens.

Setelah menemukan pewarna itu, beliau masih dihadapkan dengan masalah penaikan modal untuk memproduksinya dan membuatnya dengan harga murah, mengadaptasinya untuk digunakan dalam pencelupan kapas. Saat mendapat penerimaan untuk demo komersial dan menciptakan permintaan publik, dia mulai membujuk Ayah dan Saudaranya untuk bersama-sama mendirikan sebuah pabrik.

Permintaan publik meningkat ketika warna yang sama diadopsi oleh Ratu Victoria di Inggris dan oleh Permaisuri Eugenie, Istri Napoleon III, di Prancis, dan ketika rok Crinoline atau Hooped, yang pembuatannya menggunakan kain dalam jumlah besar. Dengan kerja keras akhirnya beliau mencapai kesuksesan.

Selama sisa hidupnya Sir William Perkin melanjutkan penelitian aktif dalam kimia organik. Dia menemukan sekaligus memasarkan pewarna Sintetis lainnya, termasuk Britannia Violet dan Perkin's Green. Beliau menemukan cara membuat Kumarin, salah satu bahan baku Parfum Sintetis pertama, dan asam cinnamic. (Reaksi yang digunakan untuk membuat yang terakhir ini dikenal sebagai reaksi Perkin .) Pengetahuan lokal mengatakan bahwa warna Kanal Grand Union di dekatnya berubah dari minggu ke minggu tergantung pada aktivitas di kreasi Perkin's Greenford.

Pada tahun 1907, Sir William Perkin tutup usia karena Pneumonia dan komplikasi lainnya akibat usus buntu yang meledak. Dia dimakamkan di halaman Christchurch, Harrow, Inggris.


Sir William Henry Perkin
William Henry Perkin
Daari Wikipedia
William Perkin (1838-1907)
Lahir12 Maret 1838 
London , Inggris
Meninggal14 Juli 1907 (umur 69)
London , Inggris
KebangsaanInggris
Dikenal sebagaiAniline dye, mauveine , Perkin segitiga
PenghargaanRoyal Medal (1879)
Davy Medal (1889)
Albert + Medal (1890)
Perkin Medal (1906)
Karir ilmiah
BidangKimia
PengaruhAgustus Wilhelm von Hofman
Share:

No comments:

Post a Comment

Translate

Kecelakaan

Kecelakaan
Pabrik PT San Weei Terbakar

Kecelakaan di tanjakan Desa Tarahan Lampung Selatan

Kecelakaan Peawat saat berlatih di Bandara Tunggul Wulung

Kecelakaan Di Tanjakan Emen