Panda Dapat Mendeteksi Gempa Besar

Panda Dapat Mendeteksi Gempa Besar

Panda Dapat Mendeteksi Gempa Besar


INPO-IN.BLOGSPOT.COM - Posting Ulang 2008. Panda yang merupakan hewan asli asal Tiongkok Tengah merupakan hewan mamalia yang masuk dalam kategori keluarga Beruang.
Beberapa tahun silam di Cina Tengah sejumlah panda raksasa yang tinggal dikebun binatang tampak gelisah, hal tersebut diperkirakan bahwa Panda telah merasakan adanya getaran pada Bumi.

Panda yang gelisah dan berprilaku diluar kebiasaan berhasil di rekam seorang turis asal Inggris kala sedang mengunjungi Cagar Alam Nasional Wolong di dekat Chengdu menjelalng detik-detik gempa berkekuatan 7,9 skala richter. Dimana lokasi tersebu sangat dekat dengan pusat gempa.

Ujar Diane Etkins turis asal Inggris mengatakan "Panda-panda tersebut benar-benar kelihatan sangat malas dan hanya makan sedikit batang bambu, dan saat bencana terjadi mereka berkumpul satu sama lain".

Sekitar 86 panda dewasa yang tinggal di sana selamat dan sejumlah anak Panda dievakuasi ke daerah Shawan yang komdisinya lebih baik.

Perilaku aneh menjelang gempa juga diperlihatkan hewan lainnya. Pada tahun 2005 telah dilaporkan bahwa kawanan gajah gelisah meraung-raung dan berlari liar menjelang gempa besar yang memicu Tsunami di Sri Langka dan India.

Menurut Diana Reiss, seorang profesor di Hunter College, New York, AS. Hewan memiliki sensor indera yang lebih peka daripada manusia. Banyak hewan yang dapat mendengar suara Ultrasonik atau melihat di kegelapan. Ular diketahui dapat merasakan gelombang seismik dan Gajah mungkin dapat mendeteksi dengan kakinya. Kemampuan-kemampuan itu sangangat berguna untuk bertahan di kehidupan liar.

”Mungkin penting juga menggunakan hewan seperti tanda-tanda alam lainnya untuk memprediksi bencana yang merusak,” kata Reiss.

Namun, masih terlalu dini mengatakan bahwa perilaku panda menjelang gempa berkait dengan kemampuan tersebut. (kcm)
Share:

No comments:

Post a Comment

Translate

Kecelakaan

Kecelakaan
Pabrik PT San Weei Terbakar

Kecelakaan di tanjakan Desa Tarahan Lampung Selatan

Kecelakaan Peawat saat berlatih di Bandara Tunggul Wulung

Kecelakaan Di Tanjakan Emen